KELANA MOTIVASI ~ KISAH EVANIA, ANAK TUKANG OJEK BISA LOLOS KEDOKTERAN UNHAN DAN TERIMA BEASISWA PENUH PROGRAM SARJANA KEDOKTERAN MILITER UNHAN RI

 

KISAH EVANIA, ANAK TUKANG OJEK BISA LOLOS KEDOKTERAN UNHAN DAN TERIMA BEASISWA PENUH PROGRAM SARJANA  KEDOKTERAN MILITER UNHAN RI


Hallo Sahabat Ekonomi Pembangunan, kisah inspiratif kali ini datang dari mahasiswi yang bernama Evania Marisa Rumbobiar yang berhasil lulus kedokteran dan menerima beasiswa penuh dari Universitas Pertahanan RI. Bagaimana kisah inspiratif yang disampaikan oleh Evania yukk simak di bawah ini!


Evania, mahasiswi Fakultas Kedokteran Unhan yang berhasil lulus pada wisuda yang baru digelar beberapa waktu lalu. Perjuangan Evania bisa lolos Fakultas Kedokteran Unhan, penuh lika-liku dan pertimbangan matang

Evania adalah anak tukang ojek dan pedagang kecil-kecilan. Ia memiliki tujuh saudara yang harus dibiayai oleh orangtuanya. "Sejak kecil saya bermimpi ingin menjadi dokter. Tetapi apakah hal itu bisa terwujud? Nyali saya ciut sekali," cerita Vania di acara wisuda Unhan 2024. Vania menceritakan bahwa biaya kuliah kedokteran yang tinggi sempat membuatnya hampir putus asa. Menurut Vania, perekonomian keluarganya akan cukup terbebani jika harus membiayainya kuliah kedokteran.

Evania kemudian mencari cara bagaimana ia bisa melanjutkan kuliah tanpa harus membebani orang tuanya. Saat itu Evania mengejar beasiswa afirmasi daerah Papua. Saat Vania mendaftar beasiswa ini, bersamaan dengan Covid-19. Saat itu harapan vania hancur, sedih, akan tetapi harapan muncul Unhan membuka beasiswa penuh salah satunya untuk masuk kedokteran. 

Saat mengikuti seleksi Unhan, ia harus meminjam laptop kepala sekolah. Dengan segala usaha yang dijalani, ia berhasil lolos bersama 300 calon mahasiswa lainnya. Pada saat itu, ada sekitar 60.000 pendaftar yang mengikuti seleksi.

Ia mengaku jika program tersebut benar-benar tidaak dipungut biaya sama sekali dalam hal pendidikan, bahkan kebutuhan pribadi sampai dipenuhi. Ia pun berterimakasih kepada menteri pertahanan yang telah melahirkan prorgram beasiswa tersebut.

Selama menempuh kedokteran di Unhan, beberapa ujian dialami Evania. Kedua saudaranya yaitu kakak dan adiknya meninggal dunia. Adiknya meninggal dunia pada tahun kedua pendidikannya dan kakaknya pada November 2023. Padahal, kakak Evania yang sudah antusias ingin mengikuti wisudanya di Unhan. Namun Tuhan berkehendak lain, rencana tersebut pun berubah total dan ayahnya hanya bisa melihat wisuda secara online.

Quotes Motivasi: 

"Jangan pernah menyerah pada cita-citamu hanya karena kau merasa tidak mampu. Tantang dirimu untuk mencari jalan keluar dan buktikan bahwa kau bisa." - Michelle Obama


Sumber :

Kisah Haru Evania Rumbobiar, Terima Beasiswa Penuh Program Sarjana Kedokteran Militer Unhan RI | Halaman 2 (viva.co.id)

Kisah Evania, Anak Tukang Ojek Bisa Lolos Kedokteran Unhan Halaman all - Kompas.com


~ Bidang Hubungan Masyarakat

~ Biro Informasi dan Komunikasi 

Komentar

Postingan Populer