KELANA MOTIVASI ~ YERI MESAKH, MAHASISWA BERPRESTASI FAKULTAS TEOLOGI UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA (UKSW), BARU SAJA MENGAKHIRI PERJALANAN AKADEMISNYA DALAM PROGRAM STUDENT EXCHANGE INTERNATIONAL STUDY PROGRAMME (ISP) DI EVH BOCHUM, JERMAN

 

Yeri Mesakh, Mahasiswa Berprestasi Fakultas Teologi Universitas Kristen Satya Wacana (Uksw), Baru Saja Mengakhiri Perjalanan Akademisnya Dalam Program Student Exchange International Study Programme (Isp) Di Evh Bochum, Jerman.


Hallo Sahabat Ekonomi Pembangunan, kelana motivasi kali ini datang dari mahasiswa  Fakultas Teologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Yeri Mesakh yang telah membuktikan buah tekad dan persiapan matang, bahwa mimpi untuk belajar di luar negeri dapat terwujud.

Perjalanan menginspirasi dilalui sejak bulan April hingga Juli lalu itu tak segan dikisahkan Yeri, agar pemuda di luar sana terus mengejar mimpi dan mengambil setiap kesempatan yang ada dengan melampaui batas.

Yeri yang berpegang teguh pendidikan adalah kunci menuju peradaban yang lebih baik, tidak ingin membatasi diri dari kesempatan emas yang ada.

“Motivasi utama saya adalah keinginan untuk terus belajar dan tidak ingin membatasi diri dari kesempatan emas yang ada,” ungkap Yeri saat diwawancarai secara daring,

Ia mengisahkan, program pertukaran ini adalah sebuah pintu menuju dunia baru. Di mana standar pendidikan yang lebih tinggi dan metode pembelajaran yang lebih inovatif dapat dipelajari.

“Saya ingin menantang diri dalam lingkungan akademik yang lebih kompetitif dan menguji kemampuan adaptasi saya dalam situasi yang tidak familiar,” tambahnya.

Selama di EvH Bochum, Yeri dan rekan-rekannya yang berasal dari berbagai penjuru dunia mengikuti berbagai seminar internasional yang diselenggarakan.

Program yang pertama kali didirikan pada tahun 2018 ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi dalam lingkungan akademik yang dinamis dan beragam.

“Hal ini sangat membantu dalam menjalin persahabatan, berbagi pengetahuan dan budaya, serta memberikan rutinitas baru yang menyegarkan bagi semua orang,” ujar Yeri.

Yeri merasakan bahwa pembelajaran di EvH Bochum berlangsung dengan sangat terbuka dan menyenangkan. Setiap mahasiswa memperoleh hak yang sama tanpa dibatasi oleh jenis keterbatasan apapun.

“Kami mempunyai kesempatan untuk mengeksplorasi diri sendiri seluas-luasnya. Kebebasan akademik ini memberikan ruang bagi mahasiswa untuk berkembang dan menemukan jati diri mereka dalam konteks global,” terangnya.

Yeri juga mengisahkan proses seleksi untuk ISP 2024 yang baginya adalah sebuah tantangan yang harus dilalui dengan ketekunan dan semangat.

Ia menceritakan tiga tahap krusial yang dilaluinya. Pertama, seleksi fakultas yang menguji kemampuan bahasa Inggris dan meminta berkas-berkas seperti esai motivasi dan curriculum vitae (CV).

Setelah dinyatakan layak, ia melangkah ke tahap kedua, mengirimkan berkas ke Direktorat Kerja Sama (Diker) UKSW dan mengikuti wawancara singkat.

Selanjutnyaa, pada tahap ketiga, semua berkas dikirim ke penyelenggara program, dilanjutkan dengan menunggu hasil seleksi berkas dan wawancara online. Hingga akhirnya, kabar bahagia itu datang dalam bentuk Letter of Acceptance (LoA).

Usai menyelesaikan program tersebut, Yeri memberikan pesan inspiratif bagi mahasiswa lain yang ingin mengikuti program serupa.

“Jangan pernah batasi dirimu. Ambil setiap kesempatan yang ada, persiapkan dirimu dengan baik, dan lakukan segala sesuatu dengan kemampuan terbaik yang kamu punya. Percayalah, kesempatan untuk belajar di luar negeri akan membawa banyak hal positif bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitarmu,” tuturnya dengan penuh keyakinan.

Dalam perjalanannya, Yeri menegaskan bahwa UKSW membantunya dalam meraih kesempatan berharga tersebut dengan membuka ruang bagi mahasiswa untuk mewujudkan mimpi belajar di luar negeri.

 

Quotes Motivasi :

“Terus belajar dan jangan membatasi diri dari kesempatan emas yang ada,.” – Yeri Mesakh

 

Sumber : https://www.rmoljawatengah.id/kisah-inspiratif-mahasiswa-teologi-uksw-yeri-mesakh-di-evh-bochum-jerman


~ Bidang Hubungan Masyarakat

~ Biro Informasi dan Komunikasi  


Komentar

Postingan Populer