KELANA MOTIVASI ~ KISAH WIWIT NURHIDAYAH PERAIH 4 GELAR AKADEMIK DI USIA 25 TAHUN

 

Kisah Wiwit Nurhidayah Peraih 4 Gelar Akademik di Usia 25 Tahun

Hallo Sahabat Ekonomi Pembangunan, kisah inspiratif kali ini datang dari mahasiswi yang bernama Wiwit Nurhidayah,  mahasiswi Unpad yang berhasil menyandang 4 gelar di usia 25 tahun. Bagaimana kisah inspiratif yang disampaikan oleh kak Wiwit yuk simak di bawah ini!


Di usia 25 tahun, Wiwit berhasil menyandang empat gelar akademik sekaligus. Empat gelar yang berhasil diraih Wiwit yakni Sarjana Farmasi (S.Farm.), Apoteker (Apt.), Magister Sains (M.Si.,) dan gelar terakhirnya yaitu Doktor (Dr.) Gelar tersebut resmi disandang Wiwit usai menjalani sidang terbuka pada Program Doktor Kimia Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran (Unpad). Wiwit berhasil meraih gelar Doktor di usia muda berkat program beasiswa PMDSU Kemendikbud Ristek RI.

Kisah Wiwit berawal saat dia lulus menjadi sarjana Fakultas Farmasi Unpad pada 2018. Dia lalu melanjutkan studi ke program magister dan doktor Kimia Unpad. Dia pun lulus program doktor dengan predikat 'Pujian' setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul 'The Cellular and Preclinical Evaluations of [125/131]Ialpha Mangostin as Radiopharmaceutical Candidate for Breast Cancer'.

Wiwit berhasil meraih gelar Doktor di usia muda berkat program beasiswa PMDSU Kemendikbudristek RI. Padahal awalnya dia hanya menargetkan untuk studi hingga program magister, baru kemudian menabung untuk lanjut ke program doktor. Namun setelah itu, Wiwit mendapat informasi tentang beasiswa PMDSU dari salah seorang dosennya. Dia pun kemudian tak menyia-nyiakan beasiswa itu untuk melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi.

"Awalnya saya targetkan bisa dapat PMDSU pada 2021, tetapi alhamdulillah bisa dapat lebih cepat di 2019," ujar Wiwit.

Wiwit mengaku, ia masih lemah pada beberapa bidang ilmu dari kimia. Khawatir ketidakmampuannya tersebut akan menghambat proses belajar, nyatanya Wiwit dikelilingi lingkungan yang suportif. Dukungan muncul dari teman-teman seangkatannya, bahkan dari promotornya langsung, yaitu Prof. Dr. Toto Subroto serta tim promotornya.

Riset tesis dan disertasi yang dilakukan Wiwit merupakan lanjutan dari apa yang sudah ditelitinya dalam skripsi di bawah bimbingan Prof. apt. Muchtaridi tentang potensi buah manggis. Dari hasil penelitiannya, Wiwit berhasil memublikasikan dua publikasi ilmiah pada jurnal Q-1 sebagai penulis pertama.

Tidak hanya dipromotori oleh dosen Unpad, riset Wiwit juga dipromotori oleh Prof. Tomoya Uehara, dari Chiba University, Jepang. Meski sudah berhasil meraih empat gelar akademik di usia muda, Wiwit masih berjibaku untuk mewujudkan cita-citanya. Karier keilmuannya tidak berhenti hanya sampai Doktor. Saat ini, ia berencana untuk melanjutkan studi post-doctoral.

"Mungkin orang lain bilang oh udah dapat gelar tinggi lalu sudah. Buat saya ini bukan titik akhir tapi justru ini permulaan karena di titik ini saya masih merasa belum punya apa-apa," tandasnya.


Quotes Motivasi: 

Bangkitlah dari kegagalan dan habiskan jatah gagalmu, sampai hanya tersisa jatahmu untuk sukses.”


Sumber : 

https://www.kompas.com/edu/read/2023/08/09/185300271/kisah-wiwit-berhasil-menyandang-4-gelar-akademik-di-usia-25-tahun?page=all#page2.

~ Bidang Hubungan Masyarakat 

~ Biro Informasi dan Komunikasi 

 

 

Komentar

Postingan Populer