KELANA MOTIVASI ~ MELANGKAH BERSAMA PRESTASI, CERITA INSPIRATIF MAHASISWA HUKUM YANG MERAAIH BANYAK PENCAPAIAN

 

Melangkah Bersama Prestasi, Cerita Inspiratif Mahasiswa Hukum yang Meraih Banyak Pencapaian



Hallo Sahabat Ekonomi Pembangunan, kelana motivasi kali ini datang dari Rivan Mandala Putra yang lahir di Bogor 24 maret 2003. Pendidikan yang ia sedang jalani saat ini menjadi mahasiswa S1 di Fakultas Hukum Universitas Pakuan Bogor.

Pada masa kecil ia mempunyai cita-cita dengan segudang profesi seperti Dokter, Pilot, Astronot. Dengan seiring berjalannya waktu dan zaman ia mempunyai cita-cita dengan profesi yang menjurus pada dunia hukum seperti salah satunya ia ingin menjadi Advokat, Diplomat, terkadang ia juga ingin menjadi seorang Hakim dan saat ini ia sudah memasuki kuliah di tingkat semester 6 di Fakultas Hukum, kesibukan yang jalaninya saat ini, yakni sedang melaksanakan MSIB (Magang Studi Independen Bersertifikat) dari Kemendikbud dengan jangka waktu 6 bulan atau 1 semester.

Ia salah satu mahasiswa Universitas Pakuan yang lolos program tersebut dan diterima di PT. Telkom Satelit Indonesia yang lokasinya berada di Yasmin Kota Bogor.

Rivan sendiri merupakan mahasiswa yang aktif dan banyak merangkul prestasi dari lomba debat hukum dan banyak prestasi yang ia dapatkan antara lain : 

  1. Juara 2 Kompetisi Debat Hukum National Law Debate Competition di Universitas Nusa Putra.
  2. Juara 1 Kompetisi Debat Hukum Kongres Advokat Indonesia di Jakarta.
  3. Juara 3 Kompetisi Debat Louder & Louder di IPB University.
  4. Juara 1 lomba Debat Hukum di Universitas Mataram Lombok yang dijurikan langsung oleh Ketua Mahkamah Konstitusi yaitu Bapak Dr. Suhartoyo, S.H., M.H.

Pada tahun 2023 hingga saat ini ia juga menjabat sebagai Mojang Jajaka Kota Bogor, Motivasi ia mengikuti Mojang Jajaka Kota Bogor ini awalnya disuruh oleh saudaranya untuk mengikuti Mojang Jajaka Kota Bogor dengan alasan agar Rivan Mengikuti jejaknya yang pernah terjun dalam Mojang Jajaka Kota Bogor tersebut pada tahun 2016.

Awalnya Rivan tidak mengetahui apa Mojang Jajaka Kota Bogor tersebut, tetapi ia tetap memutuskan untuk daftar sebagai Jajaka Kota Bogor kemudian atas izin tuhan ia lolos.

Rivan sendiri berhasil mendapatkan award menjadi Jajaka harapan satu Kota Bogor atau bisa dibilang ia menjadi juara 4, ia diberi sertifikat yang ditandatangani langsung oleh Bima Arya Sugiarto sebagai Walikota Bogor.

Mojang Jajaka yang ia jalani saat ini merupakan representasi dari Kota Bogor khususnya dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor seperti seorang duta Pariwisatanya, ia memiliki tantangan salah satunya setiap kali tugas ia dituntut untuk selalu terlihat rapi, dengan grooming yang baik dan segi penampilan yang harus baik dilihatnya, dari semua itu tidak hanya penampilan fisik saja yang harus dijaga tetapi yang menjadi point utamanya yakni etika dan sopan santunnya.

Menurut Rivan itu bukan tantangan yang berat dan memang standarnya seperti itu dan ia melakukannya dengan enjoy.

Selama mengikuti Mojang Jajaka Kota Bogor ia mempunyai pengalaman yang paling mengesankan salah satunya pada saat kegiatan yang dilakukan di Alun-alun Kota Bogor pada 2023 acara tersebut merupakan (HUT) Hari Ulang Tahun Korpri yang ke-52, terdapat lomba Fashion Show dari perangkat daerah dan juga dari beberapa lembaga di Kota Bogor yang terdapat pada acara tersebut.

Lomba Fashion Show dilakukan antar dinas salah satunya dari Dinas Pariwisata dan Dinas Lingkungan Hidup, dan itu merupakan acara paling mengesankan sekali bagi Rivan dalam acaranya tersebut juga banyak inovasi-inovasi fashion yang beragam dari berbagai dinas-dinas tersebut, selain itu ia juga mempunyai pengalaman berkesan saat menyambut orang-orang penting pada acara perkumpulan di Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) yang bertempat di Hotel Braja Mustika Kota Bogor itu merupakan acara pertemuan seluruh walikota di Indonesia bahkan Presiden Indonesia Joko Widodo ikut hadir pada acara tersebut.

Selama menjabat sebagai Mojang Jajaka Kota Bogor ia juga mendapat privilege yang didapatkan dari dirinya sendiri menurutnya privilege yang paling utama yang ia dapat yakni ilmu-ilmu baru atau hal-hal yang ia dapatkan pada suatu bidang yang tidak didapatkan di bidang lain.

Menurutnya mungkin kalau ia tidak ikut Mojang Jajaka ia tidak akan tahu arti pentingnya merawat diri kemudian arti pentingnya selalu belajar hal baru dan juga mendapat relasi-relasi baru dan kuat dengan orang-orang penting yang ada di Kota Bogor seperti Kepala Dinas dan Walikota Kota Bogor.

Rivan juga sering mendapat penghargaan setelah dirinya menjabat sebagai Mojang Jajaka menurut Rivan Mojang Jajaka sendiri merupakan suatu perlombaan atau kompetisi jadi terdapat hadiah dan award, hadiah yang pernah ia dapatkan title harapan satu dengan hadiah yang lumayan besar dari sponsor-sponsor nya.

Pesan Rivan untuk anak-anak muda khususnya di Kota Bogor. Perlu banget kita mengikuti kompetisi jadi Mojang Jajaka, sebenarnya dalam Mojang Jajaka Kota Bogor sendiri bukan hanya berlomba cantik dan tampan saja dan belum tentu yang cantik dan tampan tersebut akan lolos dan menjadi juara karena di Mojang Jajaka sendiri terdapat istilah 3B yaitu Brain yang dimana intelektual kita harus baik dan memadai, Beauty yang dimana fisik atau penampilan kita enak dilihat, dan terakhir Behaviour seperti lingkungan kita harus positif.

Pentingnya mengikuti Mojang Jajaka ini juga mendapatkan ilmu baru yang kita tidak dapatkan di rumah, sekolah bahkan tempat kuliah.

Rivan juga membagikan tips & trik agar lolos Mojang Jajaka yang pertama dengan menyiapkan mental terlebih dahulu dan niat, kalau niat nya sudah kuat untuk masuk Mojang Jajaka kita akan menjadi lebih serius.

Ketika ia disuruh untuk ikut Mojang Jajaka oleh sodaranya tersebut, Rivan sendiri sudah mempunyai niat dan penasaran. Ketika dirinya penasaran ia akan terus belajar bagaimana caranya bisa lolos. Salah satunya yang ia persiapkan yaitu kemampuan dan value yang ada di dalam dirinya yang bisa diperlihatkan kepada juri.

Ditengah padatnya kesibukan kuliah, Organisasi, MSIB (Magang Studi Independen Bersertifikat) dan menjadi seorang Mojang Jajaka Kota Bogor Rivan memanage waktunya dengan memprioritaskan yang urgent terlebih dahulu atau tugas utama, ketika tugas utama sudah selesai baru ia akan mengerjakan kegiatan-kegiatan lainnya, jadi menentukan skala prioritasnya.

Rivan selalu mempunyai Visi hidup to be better than before “lebih baik dari yang sebelumnya”, menurutnya dari waktu ke waktu pasti punya kekurangan dan kekurangan tersebut dijadikan pembelajaran untuk belajar merefleksikan diri agar lebih baik lagi dan berkembang dari diri ia yang sebelumnya.

Rivan bukan membandingkan dirinya dengan orang lain atau dengan pencapaian orang lain akan tetapi Rivan selalu membandingkan dirinya yang dulu dengan dirinya yang saat ini dan selalu ada peningkatan walaupun dalam perjalanan itu sendiri ia selalu menemukan kekurangan tetapi dari kekurangan tersebut Rivan selalu belajar untuk terus memperbaiki dirinya dan terus belajar hal baru yang akan bermanfaat untuk kehidupannya.

 

Quotes Motivasi :

“Dengan seluruh fokusmu pada tujuan, kamu akan mencapai tingkat pencapaian yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya.” – Catherine Pulsifer

 

Sumber : 

https://www.radarbogor.id/2024/03/03/melangkah-bersama-prestasi-cerita-inspiratif-mahasiswa-hukum-yang-meraih-banyak-pencapaian/

https://www.instagram.com/rivanmandala?igsh=dWg3MXhzZDg1N3V0


~ Bidang Hubungan Masyarakat 

~ Biro Informasi dan Komunikasi 

 

 


Komentar

Postingan Populer