Learning Experience

Learning Experience
Pengalaman belajar yang nyaman dan menyenangkan sangat penting, terutama untuk mahasiswa baru. Pengalaman belajar tentu dapat didorong oleh berbagai faktor didalamnya. Lalu bagaimana ya pengalaman belajar mahasiswa baru Ilmu Ekonomi FEB UNEJ ? yuk simak berikut ini
First Impression ?
Bagaimana sih kesan pertama menjadi seorang mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UNEJ? online? wah gimana ya kesan pertamanya, yuk simak hasilnya

 

Berdasarkan hasil di atas hal dominan yang dirasakan oleh mahasiswa baru Ilmu Ekonomi FEB UNEJ adalah rasa senang. Rasa senang tersebut didapat dari berbagai hal mulai dari pengalaman baru, merasakan adanya sebuah tantangan, merasakan keseruan, kemudahan dalam belajar, rasa syukur bisa belajar ke jenjang yang lebih tinggi, dan praktisnya pelaksanaan kuliah secara daring. Kesan pertama ini sudah cukup bagus, artinya mahasiswa Sebagian besar merasakan hal yang menyenangkan dalam belajar. Rasa senang tentu dapat menimbulkan motivasi yang lebih, terlebih dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa.
Hal dominan selanjutnya adalah rasa kaget. Rasa ini timbul akibat adanya ketidaksesuaian dengan ekspektasi mahasiswa terhadap pelaksanaan perkuliahan. Ada yang merasa kaget karena baru pertama kali merasakan belajar daring, tidak sesuai dengan ekspektasi sampai ada yang bingung mengoperasikan sistem online yang disediakan oleh kampus.
Hal-hal lain yang dirasakan oleh mahasiswa baru Ilmu Ekonomi FEB UNEJ adalah Lelah, sedih hingga biasa saja. Hal melelahkan yang dirasakan timbul dari pelaksanaan daring yang mengharuskan mahasiswa untuk menetap di depan perangkat yang digunakan dengan waktu yang lama sehingga hal ini menimbulkan kelelahan pada mahasiswa. Selanjutnya mahasiswa kerap merasa sedih dalam pelaksanaan belajar secara daring karena kurang relasi dalam kehidupan kampusnya. Pelaksanaan secara daring memaksa para mahasiswa memiliki kekurangan dalam berinteraksi antara satu sama lain. Tentu saja hal ini menjadi kekurangan dalam pelaksanaan belajar secara daring. Sisanya ada juga mahasiswa baru yang merasa biasa saja dari pelaksanaan kuliah secara daring ini.

 

Perangkat Penunjang ?
Pelaksanaan kuliah secara daring ini sangat praktis karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun perlu ada perangkat pendukung untuk dapat melakukan pembelajaran secara daring. Apa saja sih perangkat yang dimiliki oleh mahasiswa baru Ilmu Ekonomi FEB UNEJ ?

Berdasarkan hasil di atas terlihat bahwa pada mahasiswa baru Ilmu Ekonomi FEB UNEJ dominan memiliki perangkat pendukung yakni gawai dan laptop untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran. Kelengkapan perangkat ini menjadi hal ini untuk mendukung kenyamanan dalam proses belajar mahasiswa. Jadi Ketika kebutuhan tersebut terpenuhi maka mahasiswa akan belajar dengan lebih tenang dan tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal yang tidak perlu. Namun tercatat juga ada Sebagian kecil mahasiswa baru Ilmu Ekonomi FEB UNEJ yang tidak memiliki laptop dan hanya memiliki gawai sebagai perangkat pendukung proses pembelajaran. Sebenarnya gawai ini terbilang cukup untuk mendukung proses belajar mahasiswa namun akan jauh mempermudah bagi mahasiswa apabila setidaknya juga memiliki perangkat laptop untuk mendukung kelancaran proses belajar utamanya kondisi daring seperti saat ini.

 

Hambatan ?
Pembelajaran secara daring ini sudah tentu tidak luput dari adanya hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya. Hambatan tersebut bisa saja terjadi karena sengaja maupun tidak disengaja. Hambatan apa saja ya yang kerap di alami oleh mahasiswa baru Ilmu Ekonomi FEB UNEJ ?

Berdasarkan hasil di atas, factor hambatan yang sangat dominan adalah koneksi jaringan. Koneksi jaringan ini memang kerap dieluhkan oleh mahasiswa. Baik itu koneksi jaringan yang terganggu akibat dari adanya factor cuaca hingga keterbatasan ekonomi untuk membeli kuota. Namun semenjak hadirnya bantuan dari pemerintah untuk kuota belajar, sudah bukan lagi menjadi alas an bagi mahasiswa kehabisan kuota. Namun hal yang perlu digaris bawahi adalah koneksi jaringan yang lambat sehingga menimbulkan dampak pada terganggunya proses belajar mengajar secara daring. Koneksi jaringan merupakan syarat utama untuk bisa terhubung dengan proses pembelajaran, namun memang yang mengalami gangguan koneksi jaringan tidak hanya mahasiswa melainkan pengajar juga kerap mengalami hal serupa.
Hambatan lain adalah kurang mendukungnya perangkat yang digunakan karena kerap terjadi eror. Hal tersebut tentu sangat mengganggu sehingga sebenarnya perlu adanya pengganti apabila sudah terjadi eror pada perangkat yang digunakan. Hambatan selanjutnya saling berhubungan yakni materi yang sulit, susah fokus dan kurangnya interaksi dengan teman. Hambatan tersebut saling terhubung karena jika dibandingkan dengan pembelajaran secara offline hal tersebut jarang terjadi karena proses pembelajaran dilakukan langsung di depan mahasiswa oleh pengajar sehingga Ketika terdapat materi yang kurang dipahami dapat dengan mudah langsung ditanyakan. Selain itu fokus dalam pembelajaran offline akan lebih terasa karena tidak dilakukan sendirian melainkan Bersama-sama dengan teman. Selain itu dampak dari kurangnya interaksi dengan tema di masa perkuliahan ini dapat memberikan dampak pada kurangnya daya Tarik mahasiswa terhadap kehidupan kampus yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa.
Pengalaman belajar yang dialami oleh mahasiswa baru Ilmu Ekonomi FEB UNEJ seperti yang telah diulas di atas terjadi berbagai macam bentuk pengalaman mulai dari menyenangkan hingga kurang menyenangkan. Namun secara garis besar, Sebagian besar mahasiswa baru Ilmu Ekonomi FEB UNEJ dapat mengikuti pembelajaran daring dengan baik yang didukung oleh berbagai macam faktor di dalamnya. Mari tingkatkan pengalaman belajar yang menyenangkan bersama dan terus meningkatkan prestasi. Salam Ilmu Ekonomi. 





#HMJIE2021
#KabinetArkatama

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ECONOMIC MONTHLY INSIGHT

DATA INSIGHT