KELANA MOTIVASI

KISAH TAUFIK, PERAIH IPK 3,96 DENGAN BEASISWA BIDIKMISI UNY


Hallo Sahabat Ekonomi Pembangunan, kelana motivasi kali ini datang dari mahasiswa yang berhasil kuliah dan juga lulus dengan IPK 3,96 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) selama 3 tahun 10 bulan, yang bernama Taufik Hidayat. Bagaimana kisah inspiratif yang dimiliki oleh Taufik Hidayat, yuk simak di bawah ini!


Taufik Hidayat lulus kuliah dengan IPK 3,96 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Alumnus Prodi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikolog UNY 2023 ini merampungkan pendidikan S1 dalam 3 tahun 10 bulan.

Wisudawan UNY berpredikat Cum Laude ini menuturkan, ia semangat menekuni organisasi, kompetisi, dan kegiatan pengabdian pada masyarakat. Agar kuliah dan aktivitas lainnya seimbang, Taufik menuturkan, manajemen waktu menjadi penting.

"Saya belajar manajemen waktu antara kuliah, organisasi, kompetisi, dan pengabdian masyarakat menggunakan skala prioritas, ditambah dengan to-do list harian yang saya tulis sebelum tidur," kata Taufik usai wisuda.

"To-do list tersebut membantu saya untuk melakukan aktivitas secara terstruktur hingga menjadi seseorang yang lebih baik dari hari ke hari" imbuhnya.

Berkembang Lewat Organisasi & Kompetisi
Pria kelahiran Klaten, 5 Juli 2000 ini juga mengasah kemampuan dalam kompetisi lintas disiplin. Sejumlah prestasinya mulai dari Juara 1 Lomba Opini Ormawa Cup FIPP UNY 2020, Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dalam Dies Natalis UNY ke-57 Tahun 2021, dan Juara Poster Setara Perunggu pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 Tahun 2021 oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Di kampus, Taufik salah satunya tercatat sebagai Menteri Riset dan Data Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) UNY 2022.
"Mengikuti organisasi membuat saya terus berkembang dan memberikan pengalaman terjun langsung di lapangan sehingga berdampak masif pada pengembangan hard skill dan soft skill," ucapnya.

Anak pasangan Temu Winardi dan Sri Lestari ini juga sempat menggagas program Pengajar Jelajah Maya untuk mengajarkan soft skill pada remaja Indonesia lewat Zoom.

"Alasan saya bersemangat untuk aktif sebagai mahasiswa adalah karena saya memiliki keinginan kuat untuk terus menebar manfaat bagi sesama. Ilmu yang saya pelajari di kampus merupakan anugerah dari Allah SWT yang harus saya bagikan kepada siapapun yang membutuhkan," ujar penerima beasiswa Bidikmisi ini.

Menginisiasi Sekolah Perempuan
Taufik dinyatakan bebas Kuliah Kerja Nyata dan Praktik Kependidikan di UNY. Sebab, ia sudah mengikuti ekuivalensi dari Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) pada 2021.

Tahun selanjut, ia mengaku justru ingin melakukan lebih banyak pengabdian dan aksi nyata bagi masyarakat. Di tahun 2022, Taufik pun lolos seleksi Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) sebagai Ketua.

Di sana, alumnus SMKN 2 Klaten menginisiasi berdirinya sekolah perempuan Srimardikan di Kelurahan Srimartani, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Dikutip dari akun media sosialnya, sekolah perempuan Desa Srimartani ini bertujuan untuk meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan ekonomi lewat pengembangan kecakapan.

Di semester 7, Taufik dipilih Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek sebagai delegasi Festival Kampus Merdeka dalam rangkaian Presidensi G20 Indonesia di Bali. Ia mewakili program Kampus Merdeka yang diikutinya, yakni Akademi Wirausaha Mahasiswa Merdeka Universitas Brawijaya (UB).

Skripsi soal Turunkan Anxiety
Di tugas akhirnya, ia mengembangkan psychosocial envelope. Media psikoedukasi ini bertujuan untuk menurunkan ansietas remaja akhir. Taufik merampungkan penulisan skripsi dalam 3 bulan 20 hari. Media karya tugas akhirnya itu juga dipamerkan pada MIPA Expo Dies Natalis UNY ke-59 Tahun 2023.

Quotes Motivasi :
“Sukses adalah fungsi dari ketekunan dan gigih dan kemauan untuk bekerja keras selama dua puluh dua menit untuk memahami sesuatu yang kebanyakan orang akan menyerah setelah tiga puluh detik.”
- Malcolm Gladwell.









Sumber : https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6913866/kisah-taufik-peraih-ipk-3-96-dengan-beasiswa-bidikmisi-uny
https://www.azquotes.com/quotes/topics/hard-work-success.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ECONOMIC MONTHLY INSIGHT

DATA INSIGHT