ECONOMIC MONTHLY INSIGHT

SEKILAS KEBIJAKAN PEMKAB JEMBER : KEBIJAKAN SISTEM SATU ARAH KAWASAN KAMPUS, APAKAH SUDAH TEPAT? APA ITU SSA?

Sistem satu arah (SSA) adalah suatu pola lalu lintas yang dilakukan dengan merubah jalan dua arah menjadi jalan satu arah yang diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan kapasitas jalan dan persimpangan sehingga meningkatkan kelancaran lalu lintas yang biasanya diterapkan diwilayah perkotaan. Sistem ini banyak diterapkan di Indonesia, seperti sacara luas di Surabaya dan Bandung, secara parsial di Jakarta.

PENDAPAT PENGAMAT TRANSPORTASI
Kebijakan ini mendapat respons, baik dari masyarakat sampai pengamat transportasi. Salah satu pengamat transportasi, Sonya Sulistyono, menyebutkan bahwa hal ini menarik karena akan berdampak positif jangka panjang. Salah satunya akan menjawab kebutuhan masyarakat terkait waktu perjalanan yang pendek, bukan jarak perjalanan yang pendek tapi dengan waktu yang panjang. Pada mulanya, sistem ini diuji coba di sepanjang ruas Jalan Jawa dengan tujuan mengurai kemacetan di sekitar jalan kampus. Akan tetapi, SSA akan diperluas dengan mencakup ruas Jalan Kalimantan, Jalan Mastrip, dan Jalan Riau pada Selasa (10/10/23). Sistem SSA ini, lanjut Sonya, akan mampu meratakan perjalanan di sekitar kampus.

Hal ini berangkat dari data Laboratoriun Teknik Sipil Unej, bahwa terdapat perbedaan ekstrem jumlah kendaraan yang melewati Jalan Mastrip- Jalan Riau dengan kendaraan yang melewati Jalan Kalimantan-Jalan Jawa. “Selisihnya bisa sampai 1000 kendaraan per jam, ” imbuhnya. Pengamat Transportasi UNEJ, Sonya Sulistyon. Sumber : rri.go.idLINIMASA KEBIJAKAN SSA DI JEMBER Dishub Jember melakukan uji coba SSA pada waktu-waktu tertentu. Yakni pukul 06.00 - 08.00 WIB dan pukul 16.00 - 18.00 WIB. 2 Oktober 2023 28 Oktober 2023 Berdasarkan hasil evaluasi dan kajian Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Kabupaten Jember, diputuskan bahwa SSA diberlakukan 24 jam penuh. 3 November 2023 Pemberlakuan Sistem Satu Arah (SSA) 24 jam di ruas jalan lingkar Kampus Universitas Jember resmi dicabut.

Pada 31 Oktober 2023 Penolakan Warga terhadap SSA di Kawasan Kampus hingga ribuan Driver Ojol Demo, Menolak Keras Sistem Satu Arah di Jember SARAN DAN REKOMENDASI KEBIJAKAN Melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar lebih memahami perubahan sistem jaringan jalan akibat pemberlakuan Sistem Satu Arah dan menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tertib berlalu-lintas. Pemerintah diharapkan dapat menyediakan area parkir alternatif agar kemacetan dapat diminimalisasi Diperlukan studi lebih lanjut pada masa mendatang mengenai identifikasi permasalahan lalulintas pada area kampus, yang berkaitan dengan aspek hambatan samping dan pengaruhnya terhadap kinerja jalinan secara menyeluruh dan komprehensif. Kondisi jalinan dan pendekat harus selalu dijaga agar tidak terjadi penggunaan bagian jalinan dan pendekat untuk keperluan di luar pelayanan lalu-lintas, seperti penggunaan bahu jalan untuk on-street parking dan trotoar yang cukup lebar untuk pedagang kaki lima. Diperlukan pengarahan lalu-lintas pada pendekat untuk mengurangi titik konflik. Akibat pergerakan menjalin, seperti box warning.

REFERENSI

  • https://id.wikibooks.org/wiki/Manajemen_Lalu_Lintas/Sistem_satu_arah
  • https://www.rri.co.id/daerah/394337/evaluasi-pemberlakuan-ssa-perlu- kesadaran-bersama-dari-para-pkl-di-jember
  • https://ketik.co.id/berita/penerapan-ssa-lingkar-kampus-jember-efektif- pengamat-sebut-ada-dampak-negatif https://tadatodays.com/detail/perluasan-sistem-satu-arah-di-jember- pengamat-berdampak-jangka-panjang-positif
  • https://eprints.ums.ac.id/59670/24/10%20PUBLISH%203.pdf
  • https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkts/article/viewFile/17066/16351
  • https://jurnal.fisip.untad.ac.id/index.php/kinesik/article/download/93/73

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DATA INSIGHT