DATA INSIGHT

Inflasi Oktober 2023

Inflasi pada bulan Oktober 2023 masih dalam batas yang ditargetkan oleh Bank Indonesia, yaitu 3,0±1%. Inflasi bulanan hanya 0,17% dan inflasi tahunan 2,56%. Inflasi yang rendah ini karena kerjasama antara Bank Indonesia dan Pemerintah untuk mengendalikan harga pangan. Bank Indonesia optimis inflasi akan tetap rendah pada tahun 2023 dan 2024. Inflasi inti adalah inflasi yang tidak dipengaruhi oleh harga pangan dan energi. Inflasi inti pada bulan Oktober 2023 sangat rendah, hanya 0,08% dari bulan sebelumnya. Inflasi inti tahunan juga turun menjadi 1,91%.

Inflasi inti rendah ini karena harga emas perhiasan dan sewa rumah tidak naik banyak. Inflasi kelompok volatile food adalah inflasi yang dipengaruhi oleh harga pangan yang mudah berubah. Inflasi kelompok volatile food pada bulan Oktober 2023 lebih rendah dari bulan sebelumnya, hanya 0,21%. Inflasi ini menurun karena harga telur ayam ras, bawang, dan minyak goreng turun. Inflasi ini tidak turun lebih banyak karena harga beras dan cabai naik. Inflasi kelompok volatile food tahunan juga naik menjadi 5,54%. Inflasi kelompok administered prices adalah inflasi yang dipengaruhi oleh harga barang dan jasa yang ditetapkan oleh pemerintah. Inflasi kelompok administered prices pada bulan Oktober 2023 naik menjadi 0,46% dari bulan sebelumnya. Inflasi ini naik karena harga bensin dan tiket pesawat naik. Harga bensin naik karena harga minyak dunia naik.

Inflasi kelompok administered prices tahunan juga naik menjadi 2,12%. Pada bulan Oktober 2023, BI menaikkan suku bunga acuan dan suku bunga lainnya sebesar 0,25%. Keputusan ini diambil setelah rapat dewan gubernur BI selama dua hari. BI menaikkan suku bunga untuk menjaga nilai tukar rupiah dan inflasi di tengah perlambatan dan ketidakpastian ekonomi global. BI juga memperhatikan perbedaan pertumbuhan ekonomi antarnegara.

REFERENSI :  

https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news- release/Pages/sp_2529523.aspx
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/19/jaga -rupiah-bi-naikkan-suku-bunga-acuan-jadi-6-pada-oktober- 2023 
https://siskaperbapo.jatimprov.go.id/harga/tabel
https://www.bi.go.id/id/statistik/informasi-kurs/transaksi- bi/default.aspx

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ECONOMIC MONTHLY INSIGHT